Gizi Agar Buah Hati Sehat dan Cerdas

Posted by Debbie Laurencia 10.15.2013 0 komentar
Gizi Agar Buah Hati Sehat dan Cerdas
Kapasitas dan karakter seorang di kemudian hari, ditentukan dari proses bagaimana
dia dibesarkan, temasuk bagaimana kualitas gizi dan stimulasi yang didapatkan.
Setiap orangtua pasti menginginkan buah hatinya mencapai pertumbuhan dan perkembangan yang optimal. Tentunya, untuk meraih harapan tersebut, faktor gizi menjadi hal yang sangat penting untuk diperhatikan.

Pemenuhan kebutuhan gizi secara tepat, lengkap, dan seimbang akan saling memberikan pengaruh terhadap pertumbuhan dan perkembangan anak secara keseluruhan, seperti terhadap tulang, penglihatan dan daya tahan tubuh bahkan otak sebagai organ kecerdasan.

“Semua itu, mendukung kapasitas anak sehingga memiliki kemampuan yang optimal di kemudian hari,” papar Prof.Ir.H.Hardinsyah, MS. Guru Besar Departemen Gizi Masyarakat Fakultas Ekologi Manusia, Institut Pertanian Bogor (FEMA IPB).

Ya, gizi berperan penting agar tumbuh-kembang anak menjadi optimal dari berbagai unsur yang mencakup kognitif, motorik, bicara dan bahasa serta sosial-emosional. Yang penting diketahui juga, gizi memenuhi kebutuhan energi yang dibutuhkan anak untuk mempersiapkan otak sebagai hardware dalam proses pencerdasan.

Selain itu, gizi juga memberi peran penting guna membantu si kecil  agar tidak rentan mengalami sakit di masa tumbuh kembangnya. Kondisi imunitas yang baik—karena asupan gizi yang baik-- tentunya akan mengurangi risiko anak terkena penyakit. Alhasil, tak sampai mengganggu proses tumbuh-kembang anak selanjutnya.

Sejak dalam kandungan
Hardinsyah menegaskan, kapasitas dan karakter seseorang di kemudian hari ditentukan dari proses bagaimana dia dibesarkan. Hal itu termasuk bagaimana kualitas gizi dan stimulasi yang dia dapatkan, bahkan sejak ia masih dalam kandungan.

Gizi yang baik akan mendukung proses pertumbuhan janin. Sejak hamil, pertumbuhan sel otak pada janin sudah harus dimaksimalkan, melalui gizi dan stimulasi. Oleh sebab itu pula, calon ibu perlu menyiapkan gizi yang tepat sejak awal masa kehamilan.

Penting diketahui, cikal bakal otak sudah terbentuk pada minggu ketiga kehamilan berupa lempeng saraf. Kemudian, pada minggu keempat berubah menjadi tabung saraf. Lalu, pada minggu kelima kehamilan mulai terbentuk otak besar, batang otak, otak kecil dan medulla spinalis.

Nah,  setelah lahir ke dunia, periode yang penting untuk diperhatikan dalam pertumbuhan otak adalah usia 0-2 tahun. Kenapa? Pasalnya, rentang waktu tersebut merupakan periode emas (golden age) terjadinya perkembangan saraf otak yang tercepat, khususnya mielinisasi. Memang hingga usia 5 tahun perkembangan otak terus berlanjut meski tak secepat pada usia sebelumnya.

“Saat (periode emas) inilah masa puncak dari perkembangan otak anak yang akan menjadi fondasi bagi perkembangan otak selanjutnya,” ujar Hardinsyah.

Otak mengalami perkembangan yang luar biasa pada masa kanak-kanak. Bahkan hingga anak usia 2 tahun berat otak mencapai 75 persen otak dewasa. Selain itu, hingga usia 2 tahun pula, pertumbuhan dan perkembangan otak anak telah mencapai 90 persen.

Lalu apa fungsi otak? Banyak sekali. Otak ternyata yang mengatur seluruh bagian dalam tubuh, misanlya gerakan motorik, mengatur tekanan darah, sekresi, hormon, pernapasan, emosi bahkan mengatur suhu tubuh dan sebagainya. Tak heran bila otak disebut organ yang paling vital.

Nah, kembali lagi, faktor yang paling penting untuk pembentukan sel-sel otak pada masa periode emas adalah gizi. Adapun beberapa zat gizi yang berperan adalah glukosa, vitamin,mineral, asam linolenat, asam linoleat,  asam amino esensial dan kolin tentunya. Setiap orangtua yang ingin anaknya cerdas tentu harus memenuhi kebutuhan asupan gizi anak-anaknya, demi meningkatkan kemampuan otak mereka agar optimal.

Seimbang
Di samping itu, hal lain yang tak kalah penting dalam pemenuhan gizi anak adalah asupan zat gizi makro dan mikro dari beragam makanan. Untuk memenuhi kebutuhan gizi, orangtua perlu memperhatikan asupan sumber makanan yang seimbang dan bervariasi. Karena itu, penuhilah kebutuhan gizi anak dengan menu yang mengandung karbohidrat, lemak, protein, vitamin dan mineral yang sesuai kebutuhan anak.

Sebagai contoh, karbohidrat bisa bersumber dari nasi dan kentang. Protein bisa diperoleh dari ayam, ikan, dan daging sapi. Lemak dari ikan, daging ayam, telur dan susu, vitamin dari buah-buahan, mineral dari sayuran dan susu.  Tentunya, masing-masing asupan diharapkan  seimbang setiap harinya.

Ada kalanya anak mengalami sulit makan. Meski begitu orangtua tak perlu khawatir atau menyerah. Lakukan strategi dengan selalu menyediakan menu makanan yang variatif. Tentunya dengan tetap memerhatikan unsur-unsur gizi seimbang. Alhasil, anak tidak akan mengalami kekurangan asupan gizi tertentu. Anak pun dapat bertumbuh dan berkembang secara optimal sesuai yang kita harapkan.

Sumber: kompas.com

Baca Selengkapnya ....

4 Makanan Berlemak Yang Baik Untuk Kesehatan

Posted by Debbie Laurencia 10.14.2013 0 komentar
Makanan yang setiap hari Anda konsumsi dapat mempengaruhi kesehatan tubuh Anda. Oleh karena itu para ahli kesehatan banyak menyarankan untuk mengonsumsi makanan sehat yang sebagian besar terdiri dari buah dan sayur-sayuran. Jarang sekali mereka menganjurkan Anda untuk mengonsumsi makanan berlemak karena dipercaya dapat menambah berat badan yang tentu saja buruk bagi kesehatan.

Namun di bawah ini ada 4 makanan berlemak yang justru baik untuk Anda konsumsi demi kesehatan tubuh Anda.

4 Makanan Berlemak Yang Baik Untuk Kesehatan
1. Mentega
Mentega banyak mengandung lemak susu yang tentu saja tidak baik untuk berat badan. Namun mentega mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan. Mentega dapat meningkatkan mood karena kandungan selenium di dalamnya yang dapat membuat saraf tubuh menjadi rileks. Selain itu mentega juga dapat menghindarkan tubuh dari kerusakan tiroid karena kandungan vitamin A di dalamnya.

4 Makanan Berlemak Yang Baik Untuk Kesehatan
2. Dark Chocolate
Dark chocolate atau cokelat pekat diketahui sangat baik untuk kesehatan karena kaya akan zat antioksidan yang berguna untuk menangkal radikal bebas.

4 Makanan Berlemak Yang Baik Untuk Kesehatan
3. Kentang
Kentang telah lama dikenal sebagai pengganti karbohidrat dalam menu diet karena kadar gulanya yang lebih rendah daripada nasi atau roti. Selain itu kentang kaya akan kalium, fosfor, magnesium, dan seng yang sangat baik untuk kesehatan kulit.

4 Makanan Berlemak Yang Baik Untuk Kesehatan
4. Telur
Baik putih telur ataupun kuning telur mengandung 13 jenis mineral yang penting untuk tubuh, di antaranya adalah kalsium, magnesium, besi, potasiu, sodium, dan selenium. Telur juga mengandung asam amino esensial yang membantu kemampuan tubuh dalam menyerap kalori.

Itulah 4 jenis makanan berlemak yang sangat penting untuk kesehatan tubuh. Anda diperbolehkan untuk mengonsumsinya setiap hari namun tetap dengan jumlah yang dibatasi sehingga tidak akan mengganggu kesehatan.

Baca Selengkapnya ....

Mitos Seputar Daging Kambing

Posted by Debbie Laurencia 10.13.2013 0 komentar
Mitos Seputar Daging Kambing
Beberapa hari lagi kita akan berhari raya Kurban. Di hari raya Idul Adha ini, sebagian masyarakat akan menikmati makanan yang mengandung daging kambing atau daging sapi. Jika ingat daging kambing, saya ingat  beberapa mitos yang sangat diyakini masyarakat kebenarannya.

Mitos pertama, masyarakat yang kebetulan diketahui tekanan darahnya rendah atau hipotensi (tensi < atau = 90/60) akhirnya meningkatkan konsumsi daging kambing agar tensinya naik. Tekanan darah rendah dapat disebabkan oleh berbagai hal.  Bisa karena perdarahan, kurang minum sampai dehidrasi karena berbagai sebab, kelelahan atau kurang tidur. Tensi yang rendah juga dapat disebabkan karena gangguan pada jantung baik karena kelainan katup atau serangan jantung bahka gagal jantung.

Tetapi pada sebagian masyarakat tanpa melihat kenapa tensinya rendah langsung mengkonsumsi daging kambing secara berlebihan. Kalau tensi turun karena gangguan jantung, mengkonsumsi daging kambing yang berlebihan justru akan fatal dan memperburuk keadaan.

Dampak langsung akibat mengkonsumsi daging kambing berlebihan adalah sembelit. Kalau kebetulan mempunyai penyakit GERD (penyakit dimana asam atau isi lambung balik arah ke atas), maka GERDnya akan bertambah parah setelah menkonsumsi daging kambing berlebihan. Belum lagi efek jangka panjang berupa peningkatan kadar lemak dan kolesterol darah.

Mitos kedua yang juga beredar di tengah masyarakat adalah bahwa “torpedo” atau testis kambing akan meningkatkan gairah seksual atau sate kambing setengah matang meningkatkan gairah seksual. Ternyata, hal inipun tidak sepenuhnya benar.
Memang testis kambing banyak mengandung testosteron yang dapat meningkatkan gairah seksual. Tetap sebenarnya peningkatan gairah seksual terjadi karena multifaktor dan tidak semata-mata berhubungan dengan makanan.

Daging kambing, sama halnya daging merah lain seperti daging sapi mengandung lemak yang tinggi. Lemak hewani biasanya mengandung lemak jenuh. Lemak jenuh ini banyak mengandung LDL lemak jahat yang bisa menumpuk pada dinding pembuluh darah kita.

Selain lemak, daging kambing juga mengandung protein hewani. Protein kita butuhkan untuk menggantikan sel-sel yang rusak dan sebagai zat pembangun.

Daging kambing termasuk juga daging sapi yang akan menjadi santapan utama Hari Raya Kurban mengandung zat gizi yang memang kita butuhkan tetapi kalau jumlahnya berlebihan akan mengganggu kesehatan kita. Dan jangan lupa imbangi banyak makan buah dan sayur untuk mengurangi efek samping dari makan daging berlebihan.

Salam sehat, selamat makan daging kurban dan tetap sehat.
Sumber: kompas.com

Baca Selengkapnya ....

Manfaat Tidur Siang Bagi Kesehatan

Posted by Debbie Laurencia 10.01.2013 0 komentar
Manfaat Tidur Siang Bagi Kesehatan
Tidur siang, setiap orang pasti suka dengan aktivitas yang satu ini. Apalagi jika mata sudah mulai berat dan konsentrasi menurun di siang hari. Ini adalah sinyal bahwa tubuh butuh istirahat sejenak dari aktivitas yang dilakukan.

Meski banyak yang beranggapan bahwa tidur siang identik dengan istilah pemalas, namun beberapa ahli menyebutkan jika tidur siang dapat memberikan manfaat kesehatan yang besar bagi semua orang.

Andrei Medvedev dari Center for Functional and Molecular Imaging Georgetown University mengatakan, “Saat tertidur, ada banyak hal yang terjadi pada otak. Otak kanan menunjukkan aktivitas yang jauh lebih tinggi. Hal itu aneh karena sebagian besar orang menggunakan tangan kanan yang didominasi otak kiri. Tapi selama istirahat, otak kanan lah yang paling aktif.”

Medevdev menjelaskan bahwa saat tidur siang, otak mengerjakan beberapa tugas mental seperti pengorganisasian dan pengolahan informasi.

Jika Anda mengatakan tidak punya kesempatan untuk tidur siang karena anda seorang pekerja kantoran, maka hal tersebut tidak beralasan, karena manfaat tidur siang bisa didapatkan hanya dengan tidur 10-15 menit saja, ini artinya tidur siang tidak menghabiskan seluruh jam istirahat makan siang Anda.

Sama halnya dengan tidur di malam hari, tidur di siang hari juga memiliki manfaat kesehatan yang sama besarnya, seperti:

Mencegah Sakit jantung
Tim peneliti dari University of Central Greece di Yunani menyatakan, tidur siang dengan durasi singkat selama 20-30 menit bisa mengurangi risiko penyakit kardiovaskular seperti jantung dan stroke.

Peneliti menemukan bahwa orang yang setidaknya tidur siang 30 menit 3 kali seminggu dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular sebesar 37 persen. Peneliti menambahkan, tidur siang yang sehat sebaiknya dilakukan antara pukul 1-3 siang dan tidak lebih dari 45 menit.

Beberapa orang melaporkan bahwa tidur siang terlalu lama justru dapat mengakibatkan sakit kepala.

Menurunkan Hormon Kortisol
Penelitian menunjukkan bahwa hormon stres yang disebut dengan kortisol secara dramatis mengalami penurunan setelah tidur siang, terutama jika seseorang tidak mendapatkan tidur nyenyak di malam hari.

Sebuah penelitian di Jerman menemukan bahwa ketika sekelompok pilot tidur kurang dari 7 jam semalam sebelum bertugas, kadar kortisolnya meningkat secara signifikan dan bertahan selama 2 hari. Namun ketika mereka mendapatkan kesempatan untuk tidur siang, kadar kortisol berkurang hingga separuhnya.

Kadar kortisol yang terlalu tinggi juga menjadi ancaman serius bagi tulang karena kelebihan hormon tersebut dapat mempercepat laju penyusutan tulang, meski orang yang bersangkutan sudah mengonsumsi susu berkalsium. Pada jaringan tulang, kortisol meredam fungsi osteoblas hingga menurun pembentukan tulang yang baru.

Oleh karena sifat umum glukokortikoid yang menurunkan penyerapan kalsium pada saluran pencernaan dan menurunkan reabsorsi kalsium pada renal ke dalam sistem kardiovaskular, sehingga kelebihan kortisol dapat mengakibatkan osteoporosis.

Meningkatkan Kecerdasan
Tidur siang sering dikaitkan dengan fungsi kognitif yang lebih baik. Ini artinya tidur siang dapat memberikan dampak positif secara langsung pada otak.

Menurut sebuah studi di Australia, tidur siang dapat meningkatkan kekuatan otak. Studi tersebut menunjukkan, kinerja otak masih tetap tinggi pada orang yang menyempatkan waktunya untuk tidur siang ketimbang mereka yang tidak sempat tidur siang.

Para peneliti menambahkan, tidur siang sekitar 15 menit dinilai mampu mengurangi rasa lelah dan meningkatkan kemampuan berpikir otak.

Lisa Shives, MD, seorang ahli medis di North Shore Sleep Medicine, mengatakan bahwa berdasarkan riset yang dilakukan pada peserta ujian, tidur siang yang dilakukan dalam waktu tidak lebih dari 10 menit akan meningkatkan kemampuan peserta dalam mengerjakan ujian tersebut.

Meningkatkan Daya Ingat
Sebuah penelitian tahun 2008 menemukan bahwa tidur siang selama 10-30 menit bisa membantu meningkatkan daya ingat. Peningkatan ini terjadi dalam fase slow-wave sleep atau tidur gelombang pendek sebagaimana biasa terjadi saat tidur siang.

Peningkatan aktivitas otak saat sedang tidur juga diyakini bermanfaat untuk mempelajari bahasa asing. Kata-kata atau istilah baru akan lebih mudah diingat jika sering diperdengarkan saat sedang tidur.

Kreativitas Bertambah
Jika pekerjaan Anda menuntut kreativitas yang tinggi, maka sebaiknya lakukan tidur siang singkat di siang hari. Tim peneliti dari University of Michigan menyebutkan bahwa tidur siang dapat meningkatkan kemampuan otak kanan (bagian otak yang mengatur kreativitas) dalam mengolah permasalahan yang berhubungan dengan kreativitas.

Membantu Menjaga Berat Badan
Sebuah studi tahun 2010 di Jepang menemukan bahwa lebih dari 30.000 orang dewasa berisiko mengalami kelebihan berat badan akibat tidak mendapatkan jam tidur ideal antara 7-9 jam per hari. Kurang tidur dapat menyebabkan metabolisme melambat, mood yang kurang baik di siang hari, dan kecenderungan untuk mengonsumsi makanan berkalori tinggi secara berlebihan (emotional eating) yang dapat mengakibatkan naiknya berat badan.

Menambah Produktivitas Kerja
Para ahli sepakat bahwa tidur siang dapat mendorong orang untuk lebih produktif. Maka dari itu, tidur siang tidak selalu berarti malas. Tidur siang dalam waktu singkat dapat 'membangunkan' kembali level produktivitas karyawan. Bahkan jauh lebih hebat daripada secangkir kopi.

Menambah Gairah Seksual
Kurang tidur juga ditengarai sebagai salah satu faktor penurun libido. Jika Anda tidak tidur dengan baik, Anda akan cenderung kelelahan dan berada dalam suasana hati yang tidak baik.

Sebuah survey di Amerika yang di tulis dalam National Sleep Foundation 2007 menyebutkan, sekitar sepertiga dari wanita mengatakan mereka terlalu lelah untuk berhubungan seks akibat kurang tidur.

Survey kembali dilakukan pada tahun 2010, dan seperempat dari responden dari kedua jenis kelamin mengatakan hal yang sama. Bahkan, peneliti dari University of Chicago menambahkan, kadar testosteron pria 25 tahun yang tidur kurang dari 5 jam setiap hari mengalami penurunan layaknya pria berusia 35 tahun.

So, tak perlu sungkan untuk tidur siang sejenak demi kesehatan.

Baca Selengkapnya ....
Belajar SEO dan Blog - Original design by Bamz | Copyright of Gaya Hidup Sehat | Artikel dan Tips Kesehatan.